PUNCAK SUROLOYO

Menikmati Surga di Atas Puncak Bukit Suroloyo

Puncak Bukit Suroloyo adalah tujuan wisata yang sangat populer bagi orang-orang yang suka mendaki. Tempat wisata satu ini menyajikan panorama yang sangat indah dan memukai siapa saja yang berhasil mencapai puncaknya.

Sebelum memastikan ingin berwisata ke tempat ini, Anda harus memiliki persiapan yang cukup mengingat lokasi puncak ini begitu tinggi dan cuacanya yang dingin. Mau tahu seperti apa keindahan puncak Suroloyo dan bagaimana akses menuju wisata ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Akses Menuju  Puncak Suroloyo

Puncak Bukit Suroloyo ini berada di desa Gerbosari, kecanatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo. Jika Anda datang  Yogyakarta maka arahkan kendaraan menuju Jalan Godean kemudian Kenteng lurus sampai Nanggulan hingga menemukan kecamatan Kalibawang. Sampai Kalibawang ini, Anda akan menemukan banyak papan nama yang menunjukkan arah puncak Suroloyo.

Tempat ini terletak di pegunungan akses menuju tempat-tempat wisata yang cukup curam. Untuk tiket masuk sangat terjangkau. Dari area parkir ke atas cukup menguras tenaga karena harus melewati tangga yang cukup tinggi, jadi siapkan fisik Anda.

Anda akan membutuhkan 2 jam perjalanan dari pusat Yogyakarta karen akses jalan menuju puncak dipenuhi dengan tanjakan yang cukup menantang dengan kemiringan yang bervariasi 45 derajat hingga 60 derajat.

Meski demikian, ketika sampai tempat ini Anda tidak akan menyesal karena bisa melihat surga dari atas puncak. Ya, Anda bisa melihat semua gunung dan Candi Borobudur tanpa perlu menggunakan teropong. Semua pemandangan akan terlihat dengan sangat indah.

Harga Tiket Masuk Puncak Soroloyo

Adapun harga tiket untuk memasuki kawasan wisata Puncak Suroloyo sangat murah sekali, yakni hanya  sebesar Rp.2.000,- per orang.  Dengan tiket semurah itu, Anda bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dan udaranya yang sangat  menyejukkan. Anda tidak akan menyesal setelah berhasil mencapai puncak Suroloyo.

Nah, mengapa orang menyebut tempat ini puncak Suroloyo? Karena tempat ini terletak di ketinggian 1.091 meter di atas permukaan laut, dan tempat ini memiliki sejarah panjang dan memiliki kaitan kuat dengan sejarah istana keraton Yogyakarta.

Jadi di dalam sejarahnya tempat ini adalah pertapaan Sultan Agung atau Sultan ke-2 berdasarkan dari sejarah Keraton Yogyakarta untuk mendapatkan bimbingan. Tempat wisata ini akan sangat ramai dengan pengunjung selama tahun baru Islam atau Muharram datang . pada malam satu Muharram atau “malem satu suro” dalam bahasa Jawa, tempat wisata Suroloyo digunakan sebagai pusaka keluarga kerajaan untuk pencucian dan upacara peninggalan kerajaan senjata.

Seiring waktu tempat wisata Puncak Suroloyo masih digunakan oleh orang untuk bermeditasi. Banyak orang yang bermeditas untuk mencari pencerahan dan ketenangan dari dunia yang diam-diam membuat jiwa dan tubuh semakin lelah.

Adapula orang-orang yang menggunakan tempat ini untuk bermeditasi mendapatkan bisikan dari setan atau nenek moyangnya agar bisa membantu mereka secara, mudah mendapatkan jodoh atau meminta nomor togel.

Orang-orang ini percaya bahwa roh nenek moyang akan memberi mereka sesuatu, jadi tempat ini memiliki aura tersendiri. Puncak Suroloyo memang memberikan daya tarik yang cukup mistis. Hal ini terlihat dari masih banyaknya orang yang melakukan ritual untuk merayakan malam pertama di bulan suro yang masih berlangsung sampai sekarang.

Aktifitas di Puncak Suroloyo

Nah, aktifitas yang bisa Anda lakukan di Puncak Suroloyo sendiri adalah :

  1. Kemah
  2. Trekking
  3. Menikmati sunrise

Jadi, jika Anda ingin berhibernasi sejenak dari aktifitas sehari-hari yang menjenuhkan, datang saja ke Puncak Suroloyo.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *