PANTAI TIMANG

Menikmati Gondola di Pantai Timang

Pantai Timang adalah objek wisata yang populer akhir-akhir ini karena kehadiran gondola.  Pantai ini berada di perbatasan antara laut dan daratan yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Timang adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang pasirnya berwarna putih bersih.

 Mau tahu keindahan pantai ini dan berapa tarif untuk bisa menikmati gondolanya? Seperti apakah akses jalan menuju pantai Timang? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Akses Jalan Menuju Pantai Timang

Pantai Timang terletak di antara pantai Siung dan Sundak di Gunungkidul. Keunikan pantai ini adalah bahwa ada sebuah pulau bernama Pulau Panjang yang merupakan habitat lobster di seluruh pesisir laut.

Tempat ini dekat dengan, Pantai Nglambor, Pantai Jogan, Pantai Siung, dll. Anda bisa menemukan pantai ini ada di Padukuhan Danggolo, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul.

Akses jalan untuk mencapai pantai Timang ini memang Anda akan sedikit kesulitan karena kurangnya rambu jalan yang memadai. Jarak antara  pantai dari alun-alun Wonosari sendiri  sekitar 35 km. Dari Wonosari Anda akan melewati arah menuju Pantai Baron. Dari Mulo belok  saja ke arah Pantai Siung sampai Anda melihat pasar Tradisional Dakbong, dari situ arah ke Pantai Timang sudah terlihat.

Harga Tiket Masuk Pantai Timang

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi pantai Timang? Ada baiknya jika Anda mengunjungi pantai ini dari mulai pukul 09.00- 17.00. Sebenarnya pantai ini terbuka sepanjang waktu. Tapi, operator gondola hanya standby di lokasi pada jam 9.00 pagi sampai jam 5.00 sore saja.

Tidak ada biaya untuk tiket masuk alias gratis. Anda hanya diminta untuk membayar biaya parkir untuk sepeda motor atau mobil Anda. Parkir sepeda motor hanya dikenakan Rp. 3000 dan parkir mobil sebesar Rp. 5000.

Sementara untuk  naik gondola pada saat weekdays adalah Rp. 150.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 200.000 untuk turis asing. Sementara untuk akhir pekan atau hari libur, tiket gondola adalah Rp. 250.000

Aktifitas di Pantai Timang

Jika Anda sudah ke pantai ini, maka satu hal yang harus Anda coba adalah naik Gondola. Anda harus mencoba gondola karena dapat menguji adrenalin Anda dan menjadi pengalaman terbaik sepanjang hidup Anda.

Di tempat ini Anda bisa merasakan  tenang dan damai sambil Anda juga bisa mendengar suara ombak, burung dan suara tiupan angin.

Seperti kebanyakan pantai di daerah sebagian besar GunungKidul secara umum, Pantai Timang terdiri dari pasir putih dan tanaman yang asri. Pantai ini belum dikembangkan sehingga pemandangannya terlihat masih terlihat alami.  Destinasi wisata ini terdiri dari dua bagian pantai.

Bagian pertama dari sisi timur adalah pantai berpasir putih yang sama dengan pantai kebanyakan. Bagian kedua adalah batu yang berbentuk curam yang langsung bersebelahan dengan laut. Di bagian ini ada pemandangan pulau atau batu besar di seberang pantai.

Pulau atau batu besar ini disebut oleh masyarakat sekitarnya sebagai batu Panjang atau Pulau Panjang atau Pulau Timang. Pulau Panjang dikenal sebagai tempat terbaik untuk berburu lobster oleh masyarakat setempat.

 Pantai Timang dan Pulau Panjang yang terhubung melalui gandola atau kereta gantung ini digerakkan pada tali yang menghubungkan pantai ke atas pulau. Tali menggunakan diameter 4 cm dan memiliki panjang sekitar 200 meter. Masyarakat di sekitar menggunakan gondola ini untuk memancing dan lobster di Pulau Panjang.

Bagaimana? Tertarik untuk menguji adrenalin di Pantai Timang dengan menaiki gandola? Jangan takut, ada banyak pemandu dan alat pengaman. Jadi tidak perlu khawatir!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *