TAMAN NASIONAL KALIBIRU

Lokasi dan Akses Menuju Wisata Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru – Jika Anda mengunjungi Yogyakarta dan ingin tahu cara terbaik untuk pergi berwisata, maka pergilah ke Kalibiru. Kalibiru adalah tempat wisata yang eksotis dengan pemandangan indah, dari atas bukit. Kalibiru adalah taman nasional yang dikelola oleh warga setempat untuk menjadi tujuan wisata di Kulonprogo.

Sebelum dikelola, Kalibiru hanyalah daerah kering yang disebabkan oleh pembakaran tempat penginapan ilegal. Setelah 5 tahun ditangani oleh Kelompok Tani HKm Mandiri, Kalibiru menjadi hijau dan pertumbuhan tanaman meningkat dengan cepat. Mau tahu lokasi wisata alam Kalibiru? Simak ulasannya di bawah ini.

Akses Menuju Wisata Kalibiru

Taman Nasional Kalibiru terletak di Desa Kalibiru, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Akses menuju wisata Kalibiru sendiri sangatlah mudah, jika Anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta, silahkan ambil jalan Wates sampai Anda menemukan jembatan bantar. Jembatan inilah yang menghubungkan antara Kabupaten Bantul dan Kulon Progo.

Sesudah sampai di jembatan lalu belok ke kanan melewati pasar Sentolo dan ikuti jalan sampai Anda menemukan perempatan. Dari perempatan, maka beloklah ke kiri arah alun-alun Wates.

TAMAN NASIONAL KALIBIRU
TAMAN NASIONAL KALIBIRU

Dari alun-alun Wates ini arahkan perjalanan Anda ke barat melalui jalan Wates-Sermo sampai melewati RSUD Wates. Setelah melewati RSUD Wates lurus saja sampai menemuka  pertigaan kemudian belok kanan ke arah waduk Sermo. Dari waduk Sermo, akan ada papan nama menuju desa wisata Kalibiru ikuti saja sampai Anda menemukan lokasi Taman Nasional Kalibiru.

Taman Wisata Alam Kalibiru adalah taman yang indah dengan alam yang subur, lingkungan yang damai, dan pemandangan yang indah. Taman ini terletak di perbukitan Menoreh, atau 450 meter di atas permukaan laut.

Selain menawarkan pemandangannya yang indah, taman ini juga menyediakan berbagai wahana seperti flying fox, dan jalur trekking yang berkisar antara 1,5 hingga 7 kilometer.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru

Jika Anda berkunjung ke wisata alam Kalibiru ini, pastikan Anda membawa kamera karena ada banyak spot menarik di tempat ini. Nah, untuk biaya masuk di Kalibiru sendiri adalah Rp. 5000 perorang di hari Senin-Jumat dan  Rp10.000 per orang pada akhir pekan dan hari libur.

Sementara untuk menikmati spot foto ini Anda akan dikenakan biaya Rp10000- Rp15000. Dengan harga tersebut, Anda boleh memiliki waktu sebanyak yang Anda mau. Adapun untuk tiket wahana aalah Rp35.000 per orang. Wahana yang disediakan di Kalibiru adalah Climbing, Spyder web,  Sling, Hanging Bridge,  Zip-Line.

Aktifitas di Kalibiru

  1. Menikmati Menara Pemandangan

Dari wisata alam Kalibiru ini Anda bisa melihat indahnya Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh yang berwarna hijau dari atas bukit Kalibiru ini. Adapula beberapa gardu pandang yang bisa Anda gunakan sebagai tempat istirahat sambil melihat pemandangan sekitar. Hanya saja  untuk mencapai gardu pandang ini Anda harus traking dengan menyusuri jalan setapak.

Nah, menara pandang yang ada di Kalibiru ini bukan hanya cocok untuk melihat pemandangan dari atas tempat wisata, tapi juga sangat bagus untuk dijadikan spot foto. Dengan latar Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh, dijamin foto Anda akan terlihat ciamik.

  1. Bermain Wahana

Anda juga bisa bermain wahana Climbing, Spyder web,  Sling, Hanging Bridge,  Zip-Line yang telah disediakan di Kalibiru. Dengan mengeluarkan biaya Rp.35.000 saja, Anda sudah bisa menikmati wahana tersebut.

  1. Trekking

Jika Anda ingin berolahraga, tempat ini juga cocok untuk trekking. Jangan takut kelelahan karena sesampainya diatas puncak, rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan pemandangannya yang indah.

Pasti sudah tidak sabar untuk melihat keindahan wisata alam Kalibiru?  Selamat berwisata dan jangan lupa bawa bekal yang cukup, ya!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *