TAMANSARI

Istana Air Wisata Taman Sari

Jika Anda  sedang berada di Malioboro, jangan lupa sempatkan untuk  berwisata di Istana Air Taman Sari. Wisata Taman Sari ini terletak tidak jauh dari alun-alun Selatan atau dekat dengan Keraton Yogyakarta.

Seperti apa sih bangunan Taman Sari ini hingga disebut Istana Air? Apakah bangunannya identik dengan air? Untuk lebih jelasnya simak ulasan mengenai wisata Taman Sari di bawah ini.

Akses  Menuju Wisata Taman Sari

Wisata Taman Sari tidak jauh letaknya dari kawasan Maliboro dan masih satu lokasi dengan Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat. Lebih tepatnya, tempat wisata ini berada di di Jl. Nogosari No.6, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta.

TAMANSARI
TAMANSARI

Menurut sejarah, konon Taman Sari dibangun sebagai tempat rekreasi oleh raja keraton dan permaisurinya. Taman Sari merupakan tempat pemandian Raja dan para permaisurinya serta dayang-dayangnya, itulah mengapa Taman Sari ini disebut Istana Air.

Akses menuju Taman Sari juga sangat mudah karena terletak di pusat kota. Destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 1 km dari kawasan Malioboro. Jadi arahkan kendaraan Anda menuju jalan Malioboro. Dari Malioboro maka Anda bisa berkendara lurus menuju 0 km. Setelah lampu merah, ambil arah lurus saja ke arah selatan Keraton Yogyakarta atau alun-alun utara (altar).

Setelah sampai altar, Anda bisa mengambil jalan yang berada di sebelah barat altar sampai Anda menemukan perempatan. Setelah menemukan perempatan arahkan kendaraan Anda menuju ke kiri dan ikuti terus jalan sampai Anda  menemukan bangunan Taman Sari.

Jika Anda ingin menikmati bangunan-bangunan kuno yang berada di sepanjang perjalanan menuju Istana Air Taman Sari, Anda bisa menggunakan becak. Ada banyak bapak-bapak yang menyewakan jasa becaknya dan Anda bisa membayarnya dengan tarif Rp.20.000 perorang sekali jalan.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Sari

Bangunan wisata Taman Sari sendiri bukan hanya terdapat kolam bekas pemandian Raja dan permasurinya saja, tempat seluas 10 hektar ini juga dilengkapi dengan berbagai bangunan seperti jembatan gantung, kanal air, danau buatan, pulau buatan dan juga lorong bawah air.

Untuk danau buatan yang terletak di sebelah selatan dinamakan pemandian Umbul Binangun. Sementara di selatan pemandian Umbul Binangun ada bangunan bernama Pasarean Ledok Sari.Di bangunan sebelah timur ada bangunan bernama Kolam Garjitawati

Nah, untuk menikmati semua bangunan-bangunan sejarah di wisata Taman Air ini, Anda hanya perlu mengeluarkan tiket masuk sebesar Rp.5000 dan biaya parkir sebesar Rp.2000.

Sementara untuk jam operasional wisata  Taman Sari adalah pukul 08.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

Aktifitas Di Wisata Taman Sari

Dengan harga yang tidak mencapai Rp.10.000, maka Anda sudah bisa berwisata sekaligus memburu spot foto yang unik dan menarik di sekitar Taman Air. Meskipun bangunan istana air Taman Sari ini sudah sangat lama, namun masih terawat dengan baik. Tidak heran jika masih banyak wisatawan yang berdatangan untuk sekedar hunting foto.

Ya, aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini adalah memburu foto karena ada banyak spot foto yang bagus di tempat wisata Taman Sari. Jika Anda ingin memburu spot foto yang menarik dari Taman Sari, pastikan jika Anda tidak mengunjungi tempat wisata ini pada akhir pekan atau hari libur sebab ada banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Selain berbelanja oleh-oleh di Malioboro, rasanya sayang jika Anda melewatkan keindahan  dan keunikan Istana Air Taman Sari.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *