GOA PINDUL

Asyiknya Cave Tubing Gua Pindul

Terletak di Gunung Kidul di Yogyakarta, Gua Pindul adalah goa yang dikunjungi oleh wisatawan untuk mengeksplorasi karst, batu kristal dan lukisan alam magis yang terbentuk di dinding. Salah satu stalaktit di gua Goa Pindul juga dikenal sebagai yang terbesar keempat di dunia. Anda juga bisa melihat kelelawar di dalam gua.

Mau tahu bagaiamana keindahan wisata Gua Pindul ini? Berapa harga tiket masuknya dan aktifitas apa saja yang bisa Anda lakukan di tempat ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Akses Menuju  Gua Pindul

Gua Pindul adalah gua yang terbentuk oleh karst dan memiliki sungai bawah tanah yang indah. Gua ini terletak sekitar 7 kilometer selatan dari pusat kota Wonosari, Gunung Kidul. Mengarungi sungai menggunakan sebuah ban dan menyusuri  sungai yang terletak di dalam gua, tentu saja itu akan menjadi pengalaman wisata yang memuaskan dan sulit dilupakan.

Letak Gua Pindul ini dekat dengan tempat  wisata lainnya seperti gua Kalisuci, Jomblang, Sri Gethuk dll. Adapun untuk alamat lengkap tempat wisata ini adalah di Jl. Goa Pindul Pos 2, Dusun Gelaran RT. 05, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul.

Adapun rute menuju ke gua Pindul ini adalah arahkan kendaraan Anda menuju jalan Wonosari sampai menuju Patuk. Sesampainya di Patuk, Anda akan menemukan papan jalan dan pemandu wisata yang menunjukkan arah ke Gua Pindul.

Harga Tiket Masuk Gua Pindul

Untuk bisa masuk ke Gua Pindul ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang, namun biaya ini tidak termasuk cave tubing. Jika Anda ingin cave tubing, maka Anda bisa mengeluarkan tiket Rp. 50.000 dan Rp 90.000 untuk turis asing.

GOA PINDUL
GOA PINDUL

Sementara untuk menikati rafting di sungai Oya, Anda akan dikenakan biaya Rp. 80.000. adapun untuk cave tubing dan rafting adalah Rp. 130.000 dan Rp.170.000 untuk turis asing. Tiket yang Anda bayar sudah termasuk peralatan tabung gua seperti jaket pelampung, helm dan tabung karet.

Ingatlah untuk menyimpan barang-barang pribadi Anda di ruang ganti yang disediakan dan hanya membawa barang-barang yang diperlukan bersama Anda untuk perjalanan eksplorasi gua dan tabung Anda. Mulailah perjalanan Anda di pagi hari untuk mendapatkan pengalaman dan aliran sungai yang lebih baik karena jumlah orang yang lebih sedikit. Jika Anda berlibur di  Akhir pekan maka tempat ini bisa sangat padat.

Pindul adalah gua yang memiliki aliran sungai bawah tanah di dalamnya. Untuk menyusuri sungai dalam gua ini Anda membutuhkan perjalanan 45 hingga 60 menit. Pengunjung akan melewati perut gua dengan ukuran 300 meter. Pada siang hari, sinar matahari akan menyertai perjalanan Anda yang membuat pengalaman Anda menjadi lebih indah.

Aktifitas di Gua Pindul

Jika Anda sangat menyukai aktifitas olahraga di luar ruangan, Anda mungkin menyukai tempat ini. Anda bisa melakukan rafting dan cave tubing di sungai. Jika Anda membutuhkan lebih banyak tantangan dan memiliki banyak keberanian, Anda dapat mencoba melompat dari jembatan atau batu.

Perjalanan ajaib di dalam gua ini juga dikenal dengan mitosnya ‘Batu Perkasa’, sebuah batu ajaib yang dipercaya membawa kekuatan bagi siapa pun yang menyentuhnya. Di tengah gua Goa Pindul, Anda juga dapat menemukan mutiara yang meneteskan tetesan air. Ada mitos tentang mutiara di gua bisa mempercantik wajah wanita dengan menggunakan tetesan air tersebut untuk mencuci muka.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berwisata ke Gua Pindul? Langsung datang saja dan rasakan sensasi wisata yang menantang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *