PANTAI WEDI OMBO

Apa Rasanya Snorkling di Pantai Wedi Ombo?

Pantai Wediombo adalah salah satu pantai di Gunung Kidul yang sangat indah. Pantai ini bisa digunakan untuk snorkling, berenang dan berkemah. Bagi Anda yang menyukai aktifitas snorkling, pantai ini sangat cocok untuk Anda kunjungi karena tidak kalah bagusnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali.

 Penasaran dengan keindahan pantai Wediombo? Bagaimana akses menuju pantai ini dan berapa harga tiket masuk pantai Wediombo? Jika penasaran, simak ulasannya di bawah ini.

Akses Menuju Pantai Wediombo

PANTAI WEDI OMBO
PANTAI WEDI OMBO

Anda bisa menemukan pantai Wedi Ombo di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini terletak sekitar 40 km sebelah tenggara alun-alun Wonosari. Akses menuju pantai ini sangat mudah karena sudah terdapat banyak papan jalan yang menunjukkan arah pantai Wediombo. Pantai ini tertutup teluk yang luas dengan pasir putih lembut yang menghadap ke laut dan dikelilingi oleh bukit-bukit kapur.

Bisa dikatakan Pantai Wediombo termasuk pantai terjauh jika diakses dari kota utama Yogyakarta. Dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan, meski begitu bagian yang menarik dari pantai ini adalah Anda dapat melakukan berselancar dan snorkling. Jika Anda tidak bisa berselancar, para pemandu siap memberi kursus selama satu jam hingga tiga jam pelatihan dengan sangat ramah dan tetap memperhatikan untuk mengajari Anda.

Air di pantai ini sangat bersih sehingga Anda bisa melihat karang. Datang saja di pagi hari agar Anda bisa berenang, karena ketika matahari datang pada siang hari, Anda akan menghadapi air yang surut dan Anda hanya bisa melihat karang.

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Harga tiket masuk wisata Pantai Wediombo sendiri sangat murah yakni Rp 5.000 rupiah, Anda sudah bisa berleha-leha disini. Sementara untuk parkir motor Rp 2.000 rupiah, apabila menginap maka biaya parkir menjadi Rp 4.000 rupiah. Adapun untuk parkir mobil adalah Rp 5.000 rupiah.

Jika Anda ingin snorkling, Anda hanya perlu biaya Rp 30.000 rupiah. Anda juga bisa merasakan sensasi menaiki motor trail dengan menyewa Rp 100.000 rupiah, atau menaiki papan selancar seharga Rp 50.000 rupiah, tersedia juga boot dengan Rp 20.000 rupiah. Jika ingin menginap, tersedia tenda dengan kapasitas 4 orang seharga Rp 35.000 rupiah.

Di sekitar pantai Wedi Ombo adapula pantai Gremeng Jungwok dan Pulau Kalong, sebuah pulau kecil yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Banyak bebatuan besar dan terumbu di sekitar pantai Wedi Ombo yang membuat pemandangan pantai begitu menakjubkan.

Setahun sekali upacara diadakan oleh para nelayan tradisional. Dalam upacara ini, para nelayan Wedi Ombo mengambil pohon akar yang disebut wawar bukit Kedungdowok dan bersama-sama ditarik ke laut untuk digunakan sebagai jaring ikan.

Aktifitas di Pantai Wediombo

Ketika sampai di pantai Wediombo, Anda akan mendengar suara gelombang suara yang menciptakan suasana pantai sangat menyejukkan. Bagi pengunjung yang suka memancing, Wedi Ombo adalah pilihan terbaik. Beberapa orang lokal juga datang ke pantai ini untuk memancing. Di pantai ini Anda bisa mencoba snorkeling, tetapi Anda harus berjalan ke pantai lain dari titik Wediombo.

Setelah menyelesaikan pelajaran selancar, ada kolam di sebelah laut yang terletak 15-30 menit dengan berjalan kaki. Sangat mudah untuk menemukan kolam ini karena ada banyak wisatawan yang akan pergi ke sana jika tidak ingin mencoba berselancar.

Jadi selain bisa berenang, snorkling, dan memancing, Anda juga bisa menikmati berbagai makanan khas pantai Wediombo pula. Selamat berwisata


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *