CANDI PRAMBANAN

Akses Menuju Candi Prambanan dan Harga Tiket Masuk

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun di area yang sangat luas. Tidak heran jika Prambanan dibangun di atas area yang sangat luas mengingat Prambanan sendiri memiliki 240 candi. Setiap candi memiliki patung yang memiliki arti tujuan yang berbeda.

Mau tahu bagaimana akses menuju Candi Prambanan dan berapa harga tiket masuknya? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Akses Menuju  Candi Prambanan

Candi Prambanan atau biasa disebut Candi Roro Jonggrang terletak di desa Karangasem, Bokoharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan berdiri di perbatasan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah. Di sisi timur Candi Prambanan terletak Sungai Opak.

 Nama candi Hindu terbesar ini dilukiskan dari nama lokasinya, yaitu Prambanan. Sementara itu, nama Roro Jonggrang diberikan oleh penduduk setempat.

CANDI PRAMBANAN
CANDI PRAMBANAN

Jika Anda ingin pergi ke candi Prambanan, maka Anda bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Untuk kendaraan pribadi, Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda ke jalan Jogja-Solo. Sepanjang jalan Solo nanti, Anda akan menemukan gapura yang bertuliskan Candi Prambanan. Di kiri jalan, Candi Prambanan berada.

Jika Anda menggunakan trasnportasi umum, Anda bisa menggunakan bus trans Jogjakarta dengan Rute 2B dari Terminal Jombor ke Terminal Condong kemudian Rute 3B dari Terminal Condong ke Maguwo (Jalan Solo) kemudian Rute 1A / B dari Maguwo ke Prambanan. Tiket bus trans Jogja sendiri adalah Rp.3500.

Ada tiga utama yang terletak di halaman utama Candi Prambanan yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Baik candiWisnu, Brahma dan Siwa ini, ketiganya adalah simbol Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Semuanya menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki candi yang menyertainya menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, ada 2 kuil, 4 kuil kelir, dan 4 candi sudut. Di area kedua, ada 224 bait suci.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Sementara untuk bisa masuk ke kawasan Candi Prambanan ini, Anda perlu membeli tiket masuk  sebesar Rp. 30.000 untuk dewasa dan Rp. 12.500 untuk anak-anak. Adapun untuk biaya parkir di Candi ini adalah Rp.2000 untuk sepeda motor dan Rp.3000 untuk mobil.

Ada legenda yang selalu diceritakan orang Jawa tentang candi Prambanan yang perlu Anda ketahui. Seperti ceritanya, ada seorang pria bernama Bandung Bondowoso yang mencintai Roro Jonggrang. Untuk menolak cintanya, Jonggrang meminta Bondowoso untuk menjadikannya sebuah kuil dengan 1.000 patung hanya dalam waktu satu malam.

Permintaan itu hampir terpenuhi ketika Jonggrang meminta penduduk desa menumbuk padi dan menyalakan api agar terlihat seperti pagi telah rusak. Merasa ditipu, Bondowoso yang hanya menyelesaikan 999 arca mengutuk Jonggrang menjadi patung keseribu.

Aktifitas di Candi Prambanan

Apa yang bisa Anda lakukan ketika beriwsata di Candi Prambanan ini?

  1. Mengobservasi Bangunan

Anda bisa mengamati bangunan-bangunan kuno yang ada di Candi Prambanan. Setiap bangunan atau relief candi ini memiliki filosofi sejarah.

  1. Melihat Teater Ramayana

Anda juga bisa melihat teater terbuka tepat di sebelah barat kompleks candi Prambana utama, sendratari Ramayana yang terkenal sebagai drama-tari paling spektakuler di Jawa.

  1. Menikmati Sunset

Menikmati matahari terbenam di Cndi Prambanan ini sangat menyenangkan. Anda bisa melihat senja yang ingin terbenam di candi ini.

Nah, jika Anda sudah berada di Jogjakarta, sepertinya sayang sekali jika melewatkan destinasi wisata Candi Prambanan satu ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *